Saturday, January 24, 2015

Google Street View Contradiction

Google, salah satu perusahaan besar didunia. Setiap orang yg mengenal atau mengakses internet pasti tak lepas dari yg namanya Google. Mbah Google, itu julukan yg disematkan untuknya. Artinya, apa yg anda ingin tau, tanyakan aja langsung sama si Mbah satu ini. Hampir semua informasi pasti bisa kita dapatkan dari si dedengkot ini.

Saya sendiri, merupakan salah satu user yg sering sekali mengakses si mbah ini. Tak hanya sebagai search engine, tapi  banyak aplikasi lain yg saya pribadi sering gunakan. Salah satunya ya Blogger ini. Selain blogger, ada lagi yg pasti tak kalah seringnya digunakan oleh para user, Google Maps (GM). Ya hampir setiap orang menggunakannya di internet dan banyak juga yg menginstall aplikasi ini diperangkat ponsel pribadinya. Kemana-mana kalo ga tau jalan, tinggal klik and search, keluar deh tempat tujuan yg kita cari. Di undangan-undangan nikah pun banyak juga yg mencantumkan koordinat dari GM ini, koordinat dari GM juga sering digunakan kalo kita mau ngadain gathering, meeting atau reunian. Meskipun sekarang banyak aplikasi-aplikasi lainnya yg tak kalah bagus dan akuratnya, sebut saja "Waze", GM tetap menjadi salah satu idola bagi para user.



Kalian2 yg pernah make GM, pasti juga pada tau Google Street View (GSV) dong, ini aplikasi yg lebih canggih lagi menurut saya. Kenapa lebih canggih? ya karena disini petunjuk yg diberikan oleh google lebih akurat lagi dibandingkan dengan GM. Kalo di GM, kita disuguhi oleh peta dua dimensi nah kalo di GSV kita bisa melihat Foto Real dari setiap jalannya. Yup, foto2 itu adalah foto2 detail jalan, foto bangunan, plang jalan, bahkan sampe foto rumah kita sekalipun!. Kalian bisa coba sendiri buka bagi yg belum pernah mencoba, tapi untuk di Indonesia sendiri, belum semua tempat tersedia akses GSV nya. Hanya tempat tempat tertentu aja. Ini beberapa contoh satu jalan di GM yg tersedia akses GSV nya;


 
 Tanda Street View Available, pojok kiri atas

Nah sekarang coba bayangkan aja, kalo semua jalan di Indonesia udah tersedia akses GSVnya, betapa mudahnya kita mencari jalan, betapa mudahnya kita mencari alamat, betapa mudahnya kita mencari acara kondangan dah yg paling penting betapa mudahnya kita mencari rumah gebetan kita,hehehe,,,iya kan,ga ada deh yg namanya kesasar lagi. Semua jadi jelas dan akurat dan semua orang pun senang.

Ini jalan belakang kantor saya.


Street View 2


Street View 3

Street View 4


 Street View 5

Terus kalo gitu apa dong yg jadi kontradiksinya? bukannya Google malah ngebantu kita nih? iya, mungkin bisa dibilang Google membantu malah sangat membantu bagi kita2 yg sedang membutuhkan informasi jalan. Tapi pernahkah terbersit dikepala kita, betapa bahayanya GSV ini. Kok bahaya bro? ente aneh2 aja deh!. Sabar dulu, saya jelasin kenapa saya bisa bilang kalo GSV bisa sangat berbahaya bagi kita; Coba bayangin, dengan foto2 detail yg diberikan oleh GSV, betapa mudahnya orang2 yg berniat buruk mencari rumah kita, hanya dengan mengakses GSV mereka mendapatkan informasi yg sangat akurat mengenai rumah kita, tak ada lagi yg namanya salah sasaran, tak ada lagi yg namanya salah belok jalan. Rumah anda tak ada lagi privasinya, semua orang bisa tau. Orang yg berniat buruk ini, tak perlu lagi berkeliling hanya sekedar mengecek lokasi dan keadaan rumah anda, cukup hanya dengan melihat foto dari GSV ini. 



Selain itu, bahaya yg menurut saya lebih laten adalah Keamanan Nasional!!!. Coba bayangkan, bayangkannn, bukan hanya kita aja yg bisa akses GSV ini, data2 GSV ini tentu bisa juga diakses oleh dunia internasional. Mereka dengan mudahnya mendapatkan tata letak lokasi kedaerahan negara kita, yg menurut saya informasi ini seharusnya bukan untuk konsumsi public. Dengan  foto2 yg diberikan, para intel2 asing pun dengan mudahnya mendapatkan informasi gratis ini. Kalo pihak asing berniat buruk ke negara kita, tentu sangat mudah melumpuhkannya, dengan mendapatkan lokasi lokasi penting, tentu mereka tak perlu lagi mencari atau menebak tempat2 mana saja yg perlu diduduki. Saya pribadi juga bertanya, nih Mbah Google udah minta ijin belum ya sama Pemerintah?, udah minta ijin belum ya sama RT/RW setempat?. Karena jujur aja ya, rumah saya pribadi bisa diakses dari GSV ini, sampe foto2 jemuran kolor didepan rumahpun ada, ck ck ck, parah. Selama jalan rumah anda bisa dilalui oleh mobil, bisa dipastikan foto2 detail jalan dan rumah anda bisa diakses melalui GSV ini. Tentu, khusus bagi jalan2 yg sudah ada atau sudah di review oleh mbah Google ini.

Terlalu berlebihan kah pendapat saya?mungkin ya, tapi bisa dilihat di beberapa negara tetangga kita, salah satunya Cina. Mereka membanned GSV ini di negara mereka, kalo saya ga salah juga di negara ini akses GM pun juga di banned, hanya beberapa tempat(kawasan wisata) saja yg bisa diakses oleh GM, selebihnya hanya nama tempat tanpa ada peta jalannya. Selain saya pribadi tidak sedikit orang yg merasa ketakutan akan informasi detail yg diberikan oleh GSV ini, ini beberapa link yg bisa menjadi rujukannya;
1. http://www.dailymail.co.uk/news/article-1163456/Google-forced-black-hundreds-Street-View-photos-privacy-protests--site-gets-record-number-visits.html
2. https://epic.org/privacy/streetview/
3. http://www.infospesial.net/40170/waspada-penjahat-intai-rumah-anda-dengan-google-street-view/
4. bisa di cek di mbah google dengan key word "Street View Protested"

Ya, menjadi kontradiksi bukan?dibalik kemudahan yg diberikan oleh Google, tersemat sisi2 negatif yg bisa menjadi boomerang buat kita sendiri. Mudah2an saja pemerintah kita juga aware terhadap ini, dengan begitu informasi2 penting tak begitu saja dengan mudahhnya diberikan untuk konsumsi semua orang.  Kira2 aplikasi apalagi yg berbahaya?!?

2 comments:

  1. mana ada jemuran kolorrr... -___-"
    *lol*.. yg ada si bloody jd ter-publishh hikksss... ;p

    btw itu jalan belakang kantor sebelum pedagang-pedangan nya pada digusur yaa.. :D

    ReplyDelete
  2. si bloody maksudnya apa yah gan...??
    kunjungi blog ane yah gan...
    http://mitb23.blogspot.com/
    http://irishmlg.blogspot.com/

    ReplyDelete